Mengenal Lebih Dekat Masjid Istiqlal

Sunday, February 22, 2009 Writen by Gaza
Masjid Istiqlal sudah menjadi ikon bagi muslim di Indonesia. Pasalnya, masjid megah tersebut merupakan masjid terbesar di Asia Tenggara.

Hari ini, Sabtu (22/2/2009), Masjid Istiqlal genap berusia 31 tahun. Kita menoreh ke belakang, Istiqlal didirikan pada 24 Agustus 1961 kala itu Soekarno masih menjabat sebagai presiden. Namun, tembat beribadah umat muslim ini barus diresmikan penggunaannya pada 22 Februari 1978.

Ide pembangunan Masjid Istiqlal muncul dari sejumlah tokoh di antaranya KH Wahid Hasyim, H Agus Salim, Anwar Cokroaminoto, Ir Sofyan, dan KH Taufiqurrahman sekira tahun 1949. Ide itu mereka rembukkan setelah pemerintah kolonial Belanda menyerahkan kedaulatan negara kepada Indonesia.

Dalam pembuatan sketsa-nya, pemerintah mengadakan sayembara yang diikuti 30 orang. Namun, hanya 22 orang yang memenuhi persyaratan lomba. Setelah proses panjang, sketsa tersebut dimenangkan seorang pemuda suku Batak yang beragama Nasrani F Silaban. Dirinya mengambil tema "Ketuhanan".

Masjid yang berlokasi di Jalan Pintu Air, Jakarta Pusat ini memiliki sejumlah keistimewaan. Bangunan yang luasnya 2,5 hektar dengan tinggi 55,8 meter ini membuat Istiqlal dinilai sebagai salah satu masjid termegah.

Istiqlal adalah masjid berlantai lima. Atap kubahnya ditunjang 12 kolom yang berdiameter 2,5 meter. Lima lantai melambangkan salah satu rukun Islam yakni salat lima waktu dan 12 kolom melambangkan tanggal kelahiran Nabi Muhammad yakni 12 Rabiul Awal. Masjid ini dapat menampung kapasitas jamaah sebanyak 200 ribu orang.
Shortcut

Post a Comment