Pohon Apotik Desa ditemukan

Monday, February 23, 2009 Writen by Gaza
Pohon Neem (Mimba, Mimbo, Azarirachta Indica) adalah salah satu pohon paling multi guna di muka bumi, merupakan salah satu varian pohon mahogani (mahoni), pohon tropis tersebut tumbuh cepat dan dapat hidup ditanah yang miskin hara di daerah-daerah kering.

Pohon Neem merupakan pohon asli India dan beberapa negara lain di selatan Asia.
Pohon ini dapat mencapai 30 kaki (9 meter) hanya dalam waktu 6 tahun. Semua bagian pohon ini dapat dimanfaatkan: daun, kulit kayu, bunga, buah, ranting, bubur kayu, akar hingga minyaknya.

Para ahli obat-obatan dari tumbuhan lokal menyebut pohon ini “Apotik Desa” dan sejak lama telah memakai pohon ini untuk pengobatan dan penyembuhan. Berlusin-lusin bahan campuran
dari tanaman ini telah digunakan untuk tujuan pongobatan. Lebih dari 40 bahan campuran dan
ekstrak yang bermanfaat dari Neem telah di identifikasi. Ekstrak Neem memiliki efek antiradang dan di gunakan untuk mengatasi bisul, membunuh bakteri dan virus, serta berperan sebagai antifungi (jamur) dan insektisida, bahkan digunakan untuk bahan kontrasepsi.
Meskipun memiliki begitu banyak khasiat, pohon Neem selama ini diabaikan oleh ilmuan dan peneliti barat. Tetapi kini tidak lagi. Pasta gigi, sabun, dan teh dari neem telah dipasarkan secara komersil. Peneliti lebih dari selusin negara kini meneliti pohon ini lebih lanjut.

(Kutipan dari Harian Kompas tanggal 22/2/09 - Hal 16 - Kolom
GeoWeek)
Shortcut

Post a Comment