8 Teknologi yang memengaruhi industri nirkabel

Tuesday, June 30, 2009 Writen by Gaza
Ingin tahu teknologi apa yang akan berkembang pada tahun ini hingga 2010? Lembaga riset Gartner Inc. membantu menjawab pertanyaan tadi.

Gartner telah mengidentifikasi delapan teknologi yang akan melesat dan berpengaruh terhadap strategi dan kebijakan dari industri nirkabel. “Setiap strategi berkaitan didasari dengan evolusi teknologi. Menjadi sangat penting untuk mengetahui teknologi apa saja yang akan berkembang dengan cepat," ujar Nick Jones, VP Gartner, seperti dikutip dari situs resmi Gartner.

Kedelapan teknologi yang layak dicermati adalah Bluetooth 3.0, Mobile User Interfaces, pengenalan lokasi, jaringan Wi-Fi 802.11n yang mampu mengantarkan akses data dengan kecepatan antara 100 Mbps hingga 300 Mbps, dan teknologi display yang memungkinkan beragam aplikasi terlihat lebih menarik di layar.

Spesifikasi Bluetooth 3.0 akan diperkenalkan pada tahun ini. Perangkat digital yang mendukung spesifikasi ini diproyeksikan mulai berdatangan pada 2010. Teknologi Bluetooth 3.0 akan mendukung sejumlah fitur, termasuk penggunaan energi yang lebih rendah yang dapat dimanfaatkan untuk mengoperasikan berbagai perangkat.

Teknologi lainnya adalah Mobile Web and Widgets atau mobile Web yang berukuran lebih kecil dan didukung oleh beragam browser, broadband seluler dengan peningkatan kecepatan akses data. Teknologi Near Field Communication (NFC), yang memungkinkan dua perangkat genggam terhubung meski terpisah dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Teknologi NFC ini akan mendongkrak penyebaran beragam aplikasi, seperti pembayaran menggunakan ponsel. Sejumlah aplikasi yang memanfaatkan teknologi NFC kini telah diaplikasikan di sejumlah negara, termasuk Jepang dan Korea Selatan.

bisnis.com
Shortcut

Post a Comment