10 Cara untuk Membantu Meningkatkan Arus Kas Anda

Wednesday, July 1, 2009 Writen by Gaza
Seperti yang diketahui oleh pemilik usaha kecil mana pun, memelihara arus keuangan yang lancar memerlukan penataan hampir setiap aspek bisnis, mulai dari mengatur piutang dagang, hingga mencari fasilitas kredit, hingga mengelola inventaris. Pokok keberhasilan pengelolaan arus kas adalah mengatur arus uang masuk dan keluar dari perusahaan Anda. Meningkatkan arus kas akan mengurangi jumlah modal tetap yang dibutuhkan untuk menopang tingkatan tertentu dari usaha Anda. Arus kas yang meningkat secara tetap juga akan menciptakan pola bisnis yang dapat diramalkan, sehingga memudahkan untuk merencanakan dan menganggarkan pertumbuhan di kemudian hari. Berikut ini ada 10 cara yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan arus kas Anda:


Aturlah jadwal pengajuan rekening Anda

Semakin cepat perputaran piutang dagang Anda, semakin banyak modal yang dapat Anda belanjakan untuk menumbuhkan usaha Anda. Untuk membantu Anda mengajukan rekening lebih dini dan lebih sering, buatlah jadwal pengajuan rekening dengan program perangkat lunak akuntansi seperti Quickbooks Pro dari Intuit atau Peachtree Complete Plus Time & Billing. Kedua program ini dapat secara otomatis menggolongkan usia piutang dagang – kurang 30 hari, antara 30 hari dan 59 hari, antara 60 hari dan 90 hari, dst. Sistem penandaan otomatis ini memungkinkan Anda bertindak segera terhadap rekening yang telah lewat waktu.


Perpanjanglah utang dagang Anda

Gunakan jangka waktu maksimum yang diberikan (seringkali 60 atau 90 hari) untuk membayar kepada para pemasok Anda. Anggaplah jangka waktu ini sebagai kredit tanpa bunga dari pemasok. Ini akan memberi Anda cukup waktu untuk menagih piutang dagang tanpa harus mengeluarkan ualng mengambil pinjaman jangka pendek.


Manfaatkan insentif pembayaran dini

Apabila para pemasok Anda menawarkan potongan untuk pembayaran dini (biasanya dalam dua minggu setelah menerima rekening tagihan), ambil kesempatan itu. Gunakan jalan pikiran seperti ini: bunga 2% pada invoice dengan tempo 30 hari setara dengan 24% setahun apabila uang diinvestasikan. Apabila para pemasok Anda tidak menawarkan insentif semacam ini, ajukan permohonan; mereka mungkin bersedia memberikan potongan dengan imbalan percepatan pembayaran piutang dagang mereka.


Seimbangkan landasan pelanggan Anda

Banyak perusahaan yang bergerak di bidang profesio dan jasa -- seperti perusahaan iklan atau hubungan masyarakat, akuntan, pengacara, perusahaan properti, dll. -- bekerja sama dengan pelanggan tertentu atas dasar proyek per proyek. Carilah cara untuk mengubah hubungan dengan beberapa pelanggan ini menjadi hubungan berlangganan, dimana mereka membayar sejumlah uang setiap bulan kepada Anda sebagai imbalan penyediaan sejumlah layanan tertentu. Anda mungkin ingin menawarkan semacam insentif kepada mereka -- layanan bernilai tambah, potongan -- untuk merangsang agar mereka bersedia berlangganan. Ini mungkin akan mengurangi batas keuntungan Anda, tetapi akan membantu membuat arus kas Anda lebih mudah diramalkan.


Periksa harga yang Anda tetapkan

Apakah harga yang Anda tetapkan sudah mengikuti kenaikan biaya? Kapankah Anda terakhir kali menaikkan harga? Banyak perusahaan kecil ragu meningkatkan harga mereka karena takut kehilangan pelanggan. Namun pelanggan sesungguhnya sudah memperkirakan bahwa para pemasok mereka pasti akan menerapkan kenaikan harga yang sedikit namun berkala. Juga, pastikan bahwa Anda selalu memeriksa siapa saja pesaing Anda. Apabila pesaing menetapkan harga lebih tinggi, Anda pun harus demikian.


Jangan membeli semuanya dari satu tempat

Anda dapat menghemat uang dengan memecah bisnis Anda dengan beberapa pemasok. Periksa dengan seksama di mana Anda perlu membayar untuk layanan tambahan, dan di mana Anda bisa menghemat uang dengan membayar harga komoditas. Misalnya, Anda mungkin ingin membeli perangkat keras komputer dari penyalur yang memberi nilai tambah dan yang dapat membantu Anda, sementara barang-barang lain -- seperti tinta cetak, kabel, atau perangkat lunak eceran -- dari katalog pemesanan melalui pos atau perangkat lunak eceran, dari katalog atau pedagang lain. Untuk memastikan bahwa Anda membayar harga yang kompetitif, Anda bisa membandingkan harga peralatan kantor (seperti komputer, persediaan untuk printer, atau benda-benda pos) di BuyerZone yang disediakan oleh Beacon Research Group.


Bentuklah kerja sama pembelian

Berhematlah membelanjakan uang untuk membeli persediaan dengan mengajak beberapa rekan bersama-sama membeli persediaan seperti disket dan kertas printer dalam jumlah banyak, dan lalu membagi persediaan itu di antara Anda semua.


Rundingkan ulang kebijakan asuransi dan pemasok Anda

Apakah Anda mendapatkan harga terbaik untuk biaya asuransi, telepon, dan biaya bisnis rutin lainnya? Kaji ulang masing-masing polis asuransi setiap tahunnya dab dapatkan tiga harga penawaran untuk masing-masing polis untuk memastikan Anda mendapatkan harga terbaik. Jagalah pengeluaran biaya tinggi seperti biaya penggunaan telpon jarak jauh atau layanan akses Internet. Periksalah secara berkala seluruh tagihan ini untuk memastikan bahwa bagi Anda sudah tersedia harga yang paling rendah.


Perketat inventaris Anda

Pengadaan inventaris yang terlalu banyak bisa membuat uang mati dalam jumlah besar. Ukurlah perputaran inventaris Anda secara berkala untuk bahwa mereka tetap berada dalam batas norma industri. Anda dapat melakukan ini dengan menghitung rasio perputaran inventaris Anda (harga pokok penjualan barang dibagi dengan nilai rata-rata inventaris Anda). Hindari pembelian lebih banyak daripada yang dibutuhkan sewaktu para pemasok mengiming-imingi Anda dengan potongan besar; ini dapat mengikat banyak uang. Periksalah Inventaris Anda secara berkala untuk mengetahui persediaan lama dan kadaluwarsa, tangguhkan dulu pembelian baru dan gunakan persediaan lama atau jual persediaan tersebut dengan harga pokok untuk meningkatkan likuiditas Anda.


Pertimbangkan untuk menyewa daripada membeli

Menyewa biasanya perlu biaya lebih tinggi daripada membeli, namun biaya ini seringkali dapat dibenarkan oleh manfaat dari arus kas. Dengan menyewa peralatan komputer, mobil-mobil, atau peralatan lain yang Anda butuhkan bagi pengembangan bisnis, Anda dapat menghindari uang mati atau pengambilan kredit yang mungkin dapat lebih baik digunakan untuk menjalankan bisnis Anda sehari-hari. Pembayaran sewa juga dianggap sebagai biaya usaha, sehingga timbul manfaat pajak sekalipun barang tidak dibeli.

Copyright © 1995-2009, American Express Company. All Rights Reserved.

Post a Comment