Baru Meluncur, Honda Freed Di Pesan Ribuan Unit

Friday, July 3, 2009 Writen by Gaza

Setelah sekian lama membuat teka-teki tentang harganya, PT Honda Prospect Motor (HPM) secara resmi meluncurkan compact minivan berkapasitas tujuh penumpang di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, sore ini. Ada dua varian yang ditawarkan, yaitu standard dihargai Rp 237 juta (on the road di Jakarta dan sekitarnya) dan versi dengan fitur lebih lengkap seharga Rp 257 juta.

Perbedaan fitur dari kedua varian tersebut, yakni versi yang lebih mahal dilengkapi dengan power sliding door & dual SRS airbag. Pintu samping belakang dibuka dengan menekan tombol saja. Di samping itu, grilnya dilapisi krom dan fitur audio yang digunakan juga lebih lengkap.

Freed merupakan produk Honda ketiga yang dirakit di Indonesia setelah Jazz dan CR-V. Menurut Yukihiro Aoshima, Presiden Direktur PT HPM, Indonesia merupakan negara kedua setelah Jepang yang merakit dan memasarkan Freed. Minivan kompak ini diluncurkan di Jepang pada Mei tahun lalu dan berhasil meraih gelar best value pada Japan Car of the Year 2008-2009.

Indonesia dijadikan basis Freed untuk kawasan Asean. “Karena itu pula, Freed nantinya akan diekspor ke Thailand, Malaysia, Brunei, dan negara Asean lainnya,” kata Yukihiro Aoshima.

Karena harganya yang cukup kompetitif, Honda berharap bisa menjual Freed sekitar 6.000 unit sampai akhir tahun ini. “Kami menargetkan setiap bulan bisa menjual 1.000 unit,” tutur Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual HPM. Sementara itu, untuk ekspor ke kawasan Asean, baru dilakukan dalam enam bulan mendatang atau pada awal tahun depan.

Dengan ukuran yang kompak, Freed mengusung filosofi, Man Maximum, Machine Minimum. Menurut Aoshima, filosofi tersebut mengartikan, Freed mampu memuat banyak penumpang dengan ukurannya yang kompak. Karena itu pula, Freed disebut juga compact minivan.

Di samping itu, dengan pintu geser dan interior yang lega, Freed juga disebut Honda sebagai new generation family vehicle.

Semua Freed yang dipasarkan di Indonesia menggunakan transmisi otomatik lima kecepatan dan mesin yang sama dengan Jazz. Meski begitu, sesuai dengan konstruksi dan aplikasinya, tenaga yang dihasilkan diturunkan di bawah Jazz, sebaliknya torsi diperbesar.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin i-VTEC, SOHC, 1.5 liter ini adalah 87 KW atau 118 PS @ 6.600 rpm. Sementara itu, torsinya 14,9 kg-m atau 146 Nm @4.800 rpm.

Fitur keamanan adalah ABS, EBD, dan BA. Adapun fitur kenyaman dan hiburan adalah audio double DIN, radio AM/FM, single disc, MP3, WMA, WAF, plus konektor untuk USB, Aux, dan iPod. Untuk versi yang lebih mahal, audio ditambah dengan fitur ACC, SRS wow effect, dan10 spektrum warna.

Saat peluncuran, HPM juga memamerkan Freed hasil modifikasi Mugen dan Modulo dengan gaya penampilannya masing-masing.

Dibanderol mulai Rp237 juta, PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai pemegang merek Honda, yakin Freed akan laris terjual 6.000 unit hingga akhir 2009.

Hal ini disampaikan Marketing and After Sales Director HPM Jonfis Fandy dalam sambutannya di Ritz Carlon Pasific Place Jakarta, Senin (29/6/2009)."Hingga akhir 2009 kita targetkan bisa terjual 6.000 unit," katanya optimis.

Ada dua varian yang ditawarkan HPM untuk Freed, pertama yang berpintu geser manual, dan varian lainnya berpintu geser otomatik.Freed merupakan MPV dari Honda yang menawarkan kenyamanan sekelas sedan dan kelapangan MPV yang berbalut kemewahan.

Sementara itu, Honda Freed baru saja diluncurkan dan dibanderol mulai Rp237 juta. Namun, pesanan yang masuk sudah mencapai 2.688 unit.Hal ini disampaikan Marketing and After Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Jonfis Fandy disela peluncuran Honda Freed di Ritz Carlton Pasific Place Jakarta, Senin (29/6/2009).

"Hingga tadi kita sudah terima informasi dari dealer, inden sudah mencapai 2.688 unit," ujarnya. Sebelum resmi diluncurkan hari ini, Freed memang telah lebih dulu diperkenalkan kepada sejumlah media automotif Nasional Maret 2009 lalu.

Dan sejak itu Menurut dia konsumen di dalam negeri satu persatu mulai memesan dan memberikan uang muka kepada sejumlah dealer Honda.(kmp/okz) www.suaramedia.com
Shortcut

Post a Comment