Mobil Rakyat Seharga Rp100 jutaan

Monday, July 20, 2009 Writen by Gaza

JIKA benar terealisasi, maka ini adalah kejutan besar yang diambil oleh PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Volkswagen di Indonesia selain menghadirkan Touran versi CKD (Completely Knock Down) belum lama ini. Pasalnya secara meyakinkan mereka menyatakan akan meluncurkan mobil baru seharga Rp100 jutaan bernama Space up!

Hal tersebut diungkapkan oleh Manager Penjualan Nasional GMM Jonas Chendana di acara konferensi pers Jambore Nasional VW Indonesia di Grand Indonesia, Jakarta, Senin (13/7). Kabar ini juga sekaligus untuk menjawab mahalnya harga produk VW di Tanah Air.

Mobil mungil rancangan Walter da silva dan Klaus Bischoff ini diambil dari basis VW up! Kendaraan ini diproyeksikan akan menjadi mobil elektrik pada 2013 nanti. Saat ini VW up! baru dikembangkan dengan mesin bensin dan diesel konvensional yang akan diluncurkan menyandang berbagai merek VW grup seperti Seat dan Skoda tahun 2011.

Jika memang demikian kita patut mengacungi jempol buat GMM dengan menghadirkan kendaraan ini dalam versi melar (oleh karena itu dinamai Space up!) di Indonesia, dengan harga yang menggiurkan.

Apalagi VW pernah menampilkan konsep kendaraan up! ini sebagai blue plug-in hybrid concepttahun 2007 yang mengusung teknologi hydrogen fuel cell, sebuah motor elektrik dan deretan baterai lithium-ion yang bertenaga 60hp dan mampu menjelajah hingga 100km lebih. VW Space up! konsep ini memiliki dimensi panjang 3.680mm lebar 1.630mm dan tinggi 1.569mm dengan bobot total sekitar 1.090kg

Dengan kata lain mobil ini terlahir dari mobil konsep masa depan dan sejatinya ia dilengkapi dengan berbagai fitur dan gadget berteknologi tinggi. Untuk mengejar nilai ekonominya, sudah tentu teknologi canggih itu ditanggalkan. Mesinnya pun dipastikan menggunakan proses pembakaran dalam alias mesin piston, bukan fuelcell.

Pertanyaannya, dengan standar mutu material Volkswagen yang tak mungkin diturunkan dari standar minimal mereka yang tinggi, bisakah Space up! ditekan harganya menjadi 100 jutaan? Dan kalau ini bisa terealisasi, bisa dibayangkan kendaraan ini akan membombardir pasar kendaraan di Tanah Air.(Cdx)

http://www.mediaoto.com/

Shortcut

Post a Comment