ANDROID THE NEXT LEADERS IN SMARTPHONE

Sunday, March 8, 2009 Writen by Gaza



Android adalah sebuah operating system yang diaplikasikan pada mobile phones seperti windows mobile, symbian dan iphone. Pertama kali di release di Amerika pada tahun 2007. Nick Sears bersama teamnya membuat Android dengan harapan membangun ponsel yang lebih baik untuk konsumen oleh karenanya sistem operasi ini dibangun dengan kernel Linux yang bersifat open source, dengan adanya sistem operasi Android ini maka dibentuklah sebuah aliansi yang bernama OHA (Open Handset Alliace) didalamnya terdiri dari 47 anggota produsen ponsel/smartphone, semikonduktor, perusahaan jasa, penjualan dan perangkat lunak, diantaranya Sony Ericsson, Motorola, Inc., Samsung Electronics, SOFTBANK MOBILE Corp., HTC Corporation dan lain-lain. Setiap anggota Open Handset Alliance sangat berkomitmen untuk lebih terbuka dalam ekosistem mobile. Peningkatan keterbukaan akan memungkinkan setiap orang dalam industri ini untuk melihat perubahan lebih cepat dan lebih baik dalam menanggapi tuntutan konsumen.

Memang saat ini popularitas ponsel berbasis Android masih kalah jauh ketimbang iPhone dan windows mobile. Akan tetapi diprediksi, Android bakal menyalip iPhone dan windows mobile di tahun 2012. Hal ini dikarenakan Android memiliki kelebihan selain sfatnya yang open source diantaranya adalah:
  • Fungsi layar sentuh yang dimiliki Android mengacu pada model layar sentuh yang dimiliki Apple iPhone, walaupun pada Android tidak ada fungsi multi-touch namun interface model sentuh ini seolah telah menjadi ikon baru bagi perangkat genggam masa kini.
  • Adanya menu tab dan tombol "home" pada Android mirip dengan menu yang dimiliki oleh Palm OS. Fitur Menu yang tersembunyi dan adanya aplication switcher untuk loncat-loncat kedalam aplikasi yang sedang aktif ini mengikuti fitur yang ada pada BlackBerry, selain itu Android juga memiliki fasilitas untuk melakukang setting push email secara cepat dan tombol scrollball mirip BlackBerry.
  • Android juga memiliki kemampuan kustomisasi aplikasi dan tampilan, sehingga para penggunanya bebas untuk memasang aplikasi tambahan yang disediakan oleh pihak ketiga juga kemudahan untuk mengubah tampilan sesuai selera, hal ini mengacu pada sistem operasi Windows Mobile buatan Microsoft.
Sekarang ini segmen smartphone kian hot saja. Di tahun 2008, hampir 162 juta smartphone terjual, melampaui penjualan notebook untuk kali pertama. Di sisi lain, platform Symbian kehilangan pangsa pasar dari yang semula mencapai dua pertiga kini tinggal separuh hal ini disebabkan makin kuatnya kompetitor dan juga buruknya performa Nokia di sektor ini.



Shortcut

Post a Comment