Cara Cerdas Atasi Kolesterol (Buku Kesehatan)

Wednesday, April 8, 2009 Writen by Gaza
Kolesterol merupakan salah satu dari penyebab berbagai penyakit mematikan. Namun, sayangnya banyak masyarakat yang tidak mengetahui secara tepat mengenai kolesterol. Padahal, hampir setiap makanan yang kita santap banyak mengandung kolesterol. Tentu saja, asupan kolesterol dalam tubuh kita pun akan banyak pula.

Pada dasarnya dalam batas normal, kolesterol sangat diperlukan oleh tubuh, di antaranya sebagai komponen pembentuk dinding sel, empedu, dan hormon. Oleh sebab itu, yang perlu kita lakukan adalah mengantisipasi dan mengontrol kolesterol dalam tubuh. Kolesterol yang berlebihan (hiperkolesterol) atau lewat batas ambang normal akan mengakibatkan timbulnya berbagai penyakit mematikan, seperti jantung koroner, stroke, tekanan darah tinggi, dan diabetes.

Selain karena banyaknya mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak tinggi dan karbohidrat, faktor genetik juga menjadi penyebab meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh. Dan, laki-laki memiliki risiko lebih tinggi daripada wanita yang disebabkan oleh menurunnya kemampuan memompa jantung pada usia 18—70 tahun. Maka, setiap orang mesti memiliki pengetahuan yang memadai tentang kolesterol sekaligus antisipasi dan pengendaliannya.

Upaya terbaik bagi penderita hiperkolesterol agar kondisi tubuh tetap sehat dan terjaga dari penyakit ini serta menghindari berbagai komplikasinya. Hiperkolesterol mesti banyak mengonsumsi makanan berserat, tidak mengonsumsi makanan berlemak tinggi, mengurangi konsumsi fast food, menurunkan berat badan, berolahraga secara teratur, tidak merokok, menghindari stres, dan memeriksakan diri secara rutin ke dokter.

Maka, selain daripada itu, hiperkolesterol mesti mengatur menu dan diet makan yang tepat. Hiperkolesterol mesti mengetahui komposisi dan takaran masing-masing bahan makanan. Sebab, meskipun ada pembatasan dalam hal makanan, kecukupan gizinya tetap harus terpenuhi. Minimal tidak berada di bawah angka kecukupan gizi yang telah ditentukan.

Buku “Solusi Sehat Mengatasi Kolesterol Tinggi” yang ditulis oleh Ersi Herliana, STP & Maloedyn Sitanggang ini akan memberikan solusi terbaik secara tepat dan sehat bagi Anda, baik untuk antisipasi maupun bagi penderita hiperkolesterol dalam mengontrol asupan kolesterol dalam tubuh. Cara cerdas bagi yang ingin terbebas dari gangguan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh kolesterol.

Buku yang diterbitkan AgroMedia ini membahas berbagai hal mengenai kolesterol. Mulai dari pengenalan, pembahasan jenis-jenis kolesterol, penyebab utama hiperkolesterol, komplikasi yang disebabkan hiperkolesterol, hingga berbagai cara pengendaliannya. Berbagai teknik penyembuhan penyakit ini juga dibahas secara lengkap. Mulai dari diet makanan, terapi jus, hingga menggunakan tanaman obat dan ramuan herbal.

Semoga hidup Anda tetap sehat dan berbahagia selalu!

============ ========= ========= ===

Spesifikasi Buku:

Judul :Solusi Sehat Mengatasi Kolesterol Tinggi
Penulis : Ersi Herlina, STP & Maloedyn Sitanggang
Ukuran : 13 x 19 cm
Tebal : vi + 90 hlm.
Penerbit : AgroMedia Pustaka ( http://www.agromedia.net )
ISBN : 979-006-226- 5
Harga : Rp 20.000,-

Kadar normal, kolesterol tidak berbahaya bahkan memiliki banyak fungsi untuk tubuh. Sayangnya, banyak orang yang mengalami kondisi hiperkolesterol (meningkatnya kadar kolesterol dalam darah). Akibatnya, muncul berbagai keluhan bahkan komplikasi. Hipertensi (tekanan darah tinggi), penyakit jantung koroner, diabetes, dan gagal ginjal merupakan beberapa contoh penyakit akibat hiperkolesterol.

Informasi berbagai hal tentang kolesterol, dari jenis-jenis kolesterol, penyebab utama hiperkolesterol, komplikasi yang disebabkan hiperkolesterol, hingga berbagai cara mengendalikannya, bisa Anda dapatkan dalam buku ini. Dilengkapi dengan berbagai ramuan tradisional, resep makanan sehat, dan resep jus yang berkhasiat untuk mengendalikan kadar kolesterol. Semoga bisa memberikan solusi untuk menjadikan hidup Anda lebih berarti dan bahagia.

Lihat Juga:
Mengupas Strategi Militer Rasulullah

Post a Comment