Indonesia Penghasil Petir Tertinggi Di Dunia

Tuesday, April 7, 2009 Writen by Gaza

Petir atau halilintar merupakan gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di mana di langit muncul kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan yang beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Sepasanga pria dan wanita usia setengah baya ditemukan tewas di Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Selasa (7/4) pagi. Ketika ditemukan kondisi keduanya berlumuran darah serta sebagian tubuhnya gosong. Diperkirakan keduanya tewas karena tersambar petir.

Bulan lalu (Maret) pun tercatat sudah ada lebih dari 3 orang yang tewas terkena sambaran petir salah satunya yaitu seorang siswi SMP di Tanjung Pinang korban roboh saat sedang bermain telepon genggam di tengah cuaca buruk di sebuah warung.

Saat ini para ahli kesehatan pun menyarankan agar tidak menggunakan telepon selular/genggam saat hujan atau badai. Alasannya karena kita bisa tersambar petir. Dr Swinda Esprit dan beberapa dokter lainnya menjelaskan kepada British Medical Journal bahwa biasanya jika seseorang tersambar petir, perlawanan tinggi kulit adalah menyalurkan kilat di seluruh permukaan tubuh atau dikenal sebagai flashover. Namun jika ada benda logam seperti telepon genggam bersentuhan dengan kulit pada saat yang sama, akibat yang terjadi akan lebih fatal yaitu luka dalam atau bahkan kematian.

Dari sekian banyak kejadian atau kasus seseorang yang tersambar petir ternyata Indonesia menempati urutan teratas hal ini juga didukung karena Indonesia adalah negara penghasil petir terbanyak di dunia. Indonesia terletak di daerah tropis yang sangat panas dan lembab sehingga sangat mendukung pembentukan awan cumulonimbus. Perlu diketahui awan cumulonimbus adalah awan penghasil petir.

Perbandingan Hari Terjadinya Petir Dalam Setahun

1. Indonesia 200 hari
2. Brazil 140 Hari
3. Amerika Serikat 100 hari
4. Afrika Selatan 60 Hari

Daerah Cibitu Jawa Barat pernah masuk ke dalam guiness book of records pada tahun 1998 dengan jumlah 322 petir per tahun. Kerapatan petir di Indonesia juga sangat tinggi yaitu 12 km2 berpotensi menerima 12 kali sambaran petir dalam setahun.

Sumber:
Liputan6 SCTV 07/04/2009 13:11
Reportase Indosiar 23/03/2009
Wikipedia.com
Rueters.com

Lihat Juga:
Tips Melindungi Diri Dari Sambaran Petir



Shortcut

Post a Comment